Event management memiliki keterikatan dalam penyelenggaraan acara di berbagai tempat. Bila selama ini Anda berpikir bahwa managemen erat kaitannya dengan bisnis. Maka saat ini tidak ada salahnya Anda mengubah pemahaman tersebut. Pasalnya management tidak hanya berhubungan dengan bisnis semata. Banyak hal dapat dikaitkan dengan management.

Salah satunya ialah event atau acara, kata event barangkali tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan hampir semua orang kerapkali menyebut kata event tersebut. Saat hendak melihat acara di daerah Anda besar kemungkinan orang-orang di sekitar akan menyebut kegiatan tersebut merupakan event.

Atau saat Anda berkunjung ke beberapa daerah dan melihat kegiatan pariwisata. Dalam hal ini orang-orang juga menyebut kegiatan pariwisata tersebut sebagai sebuah event. Tidak hanya itu saja, event juga menyangkut perihal kegiatan yang dilakukan secara pribadi. Misalnya saja event pernikahan dan pesta ulang tahun.

Meski sifatnya pribadi namun kegiatan tersebut biasanya juga akan ditangani oleh event management Medan. Selain kegiatan yang sifatnya pribadi sebuah event juga melibatkan banyak orang, seperti pada acara pameran tahunan. Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk tujuan promosi dan melibatkan penyelenggara serta pengunjung.

Selain itu, event merujuk pada kegiatan yang sifatnya terencana, artinya kegiatan tersebut sudah direncanakan sebelumnya dengan management yang matang. Sebuah event juga menjadi agenda rutin bagi banyak orang. Sehingga dalam penyelenggaraannya seringkali melibatkan perusahaan layanan jasa event. Hal ini bertujuan agar event terlaksana dengan sempurna sampai akhir.

Pengertian Event Menurut Ahli

Ada berbagai pengertian event yang memudahkan Anda untuk memahami maknanya. Hal ini pula yang menuntun Anda tepat dalam memilih exhibition contractor. Secara umum event disebut sebagai sebuah agenda atau kegiatan dan festival tertentu. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menampilkan dan merayakan suatu hal.

Misalnya untuk memperingati hal-hal penting yang diselenggarakan di waktu tertentu. Tujuannya sendiri adalah untuk mengomunikasikan pesan atau promosi kepada pengunjung. Ada pula yang menyebutkan event sebagai kegiatan sehari-hari, bulanan bahkan tahunan. Kegiatan tersebut terselenggara oleh sebuah organisasi dengan konsep yang beragam.

Salah satunya dengan mendatangkan orang-orang ke tempat event. Adapun maksudnya adalah agar orang-orang tersebut mendapatkan informasi tertentu. Selain itu, event juga diselenggarakan agar orang mendapatkan pengalaman baru dan penting yang dibagikan oleh penyelenggara. Lantas sebenarnya bagaimana pengertian event menurut beberapa ahli? Sehingga orang lantas memanfatkan event decoration.

Dalam bukunya yang terbit pada tahun 2009 Kennedy menyebutkan bahwa, event merupakan pameran festival atau pertunjukan bersyarat. Syarat tersebut adalah adanya penyelenggara, pengunjung dan peserta. Hal ini rupanya juga didukung dengan pemahaman ahli bernama Allen. Menurutnya event merupakan sebuah ritual istimewa.

Event tersebut menunjukkan dan penampilkan serta memperlihatkan perayaan yang pasti direncanakan dengan fokus, agar mencapai tujuan budaya, sosial dan kebersamaan. Lain halnya dengan pakar Sulaksana yang memberikan pemahaman bahwa, event merupakan suatu peristitwa yang dilakukan untuk menyalurkan pesan tertentu kepada target audiens.

Macam-Macam Penyelenggaraan Event

Selain memiliki bermacam-macam versi pemahaman, event juga memiliki jenis. Berbagai jenis event inilah yang membuat back stage berbagai acara bervariasi modelnya. Berdasarkan dari karakteristiknya terdapat empat jenis event yang biasanya diselenggerakan banyak orang. Keempat jenis tersebut diantaranya leisure, personal, cultural dan organizational event.

Leisure event merupakan kategori kegiatan yang berkembang dari sisi keolahragaan. Di dalamnya juga memiliki unsur ketersediaan pengunjung dan adanya pertandingan. Lain lagi dengan personal event yang disebut sebagai kegiatan dengan melibatkan kerabat dan anggota keluarga. Event ini biasanya terselenggara lebih sederhana dan sifatnya personal, misalnya pesta pernikahan dan ulang tahun.

Ketiga yaitu cultural event yang identik dengan kebudayaan. Kegiatan tersebut biasanya juga melibatkan event management. Cultural event juga mempunyai sisi nilai sosial tinggi dalam tatanan masyarakat. Perkembangan jaman yang semakin pesat rupanya mendorong banyak orang, untuk menyelenggarakan acara bertajuk kultural di berbagai tempat.

Acara budaya tersebut juga ditunjang dengan kemajuan teknologi. Selain itu, penyelenggaraannya dikemas dengan lebih menarik, terutama bagi kalangan muda-mudi. Singkat kata pengemasan event disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat dewasa ini. Sehingga orang tertarik untuk mengikuti event tersebut, serta acaranya dapat berkesan di kemudian hari.

Keempat yaitu organizational event. Pada jenis terakhir ini kebanyakan orang akan membutuhkan stand booth. Kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan tujuan organisasi atau perusahaan. Sebagai contohnya event partai politik, pameran atau ekspo dan kegiatan yang dilakukan untuk kepentingan perusahaan. Promosi produk perusahaan juga masuk ke dalam jenis event ini.

Karakteristik Penyelenggaraan Event

Sebuah event yang terselenggara sebaiknya memiliki karakteristik atau ciri khas. Ciri khas inilah yang membuat event satu dengan yang lain terlihat unik dan berkarakter. Hal inilah yang perlu menjadi pertimbangan Anda saat menyelenggarakan event akbar maupun acara keluarga. Event yang bagus mempunyai setidaknya empat karakteristik di dalam penyelenggaraannya.

Karakteristik pertama yaitu uniquenesses. Biasanya pengembangan ide event ini dapat diperoleh dari kontraktor pameran. Lantas seperti apa event yang unik? Event yang unik merupakan penyelenggaran kegiatan yang memiliki unsur warna berbeda dan tidak mudah dilupakan oleh target audience. Keunikan juga bisa berasal dari lingkungan, pengunjung event maupun pesertanya.

Karakteristik kedua adalah perishability. Barangkali terdengar asing di telinga Anda. Perishability sendiri merupakan antisipasi dari hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana awal penyelenggaran event. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan terkesan kurang memuaskan. Hal ini bisa terjadi apabila event tidak dikemas dengan maksimal. Terget yang ingin dicapai pada acara tersebut pun tidak tersalurkan.

Untuk mengakalinya umumnya Anda disarankan bekerja sama dengan event management Medan apabila berada di area tersebut. Selain perishability masih ada keempat yaitu intagibility. Karakteristik keempat ini selalu berhubungan dengan kesan yang ingin ditampilkan pada event. Artinya event bagus ialah kegiatan yang dapat memberikan nilai positif bagi semua orang.

Terakhir yaitu personal interaction. Ciri khas sangat penting di setiap acara yang berlangsung. Dengan kata lain sebuah kegiatan bagus sudah pasti melibatkan interkasi antara pengunjung, peserta maupun penyelenggara, misalnya dalam event bertajuk konser. Pada event tersebut harus melibatkan penonton untuk bernyanyi, sehingga mereka memberikan kontribusi pada acara tersebut.

Management Penyelenggaraan Event

Bukan rahasia umum apabila dalam penyelenggaran acara memerlukan management. Dalam hal ini management pada sebuah acara merupakan langkah pengorganisasian yang diselenggarakan oleh tenaga profesional. Sehingga acara yang diselenggarakan berkat kerjasama dengan management dapat terlaksana sepenuhnya, tanpa mengurangi tujuan awal penyelenggarannya.

Sebuah event biasanya memiliki presentasi atau tingkat kesuksesan yang tinggi dengan mempertimbangkan manajerialnya. Dalam management tersebut setidaknya ada 5 tahapan yang diperhatikan. Diantaranya ialah research, desain, perencaan, coordination, dan evaluasi. Kelima tahapan event ini akan membentuk acara yang sempurna dan terkontrol. Terlebih bila acara tersebut didukung dengan tenaga profesional.

Tahapan pertama research atau penelitian. Dalam tahapan pertama ini ada sejumlah pertanyaan yang harus dijawab. Jawaban pertanyaan tersebut dapat menentukan langkah pelaksaan Anda termasuk kaitannya dalam membuat special booth design. Pertanyaannya sederhana yaitu mengapa acara dilaksanakan, siapa publiknya, kapan diselenggarakan, dimana lokasinya dan apa yang ditampilkan.

Tahapan kedua yaitu desain yang berkaitan dengan kreativitas penyelenggara dalam mendekorasi event tersebut. Tahapan ketiga yaitu perencanaan. Tahapan ini paling lama karena harus dibuat sedetail mungkin. Keempat yaitu koordinasi dari tahapan awal sampai terselenggaranya acara. Terakhir yaitu adanya evaluasi atau penilaian dari semua tahapan yang sudah selesai.

Pada akhirnya event menjadi bagian dari rangkaian aktivitas Anda. Satu Production Medan kini hadir membantu Anda dalam menyelenggarakan berbagai macam event. Kami merupakan perusahaan berbasisi layanan jasa event dengan tenaga profesional dan harga terjangkau. Segera konsultasikan kebutuhan acara hanya di Satu Production Medan dengan menghubungi 0819696688. Wujudkan acara impian Anda bersama Event management Medan sekarang!

error: